Friday 8 February 2013

Zai na li gong zhuo?!?


Gak kerasa ini udah semester terakhir aku kuliah di singapura. 4 business subject lagi yang kudu diselesaiin dalam 4 bulan kedepan. this sort time ini aku lagi berpikir keras.. err ga keras keras amat sih, untuk nentuin which choices should i take : stay in singapore to work or for good to Indonesia to start my own company..

Just Simple analysis about both countries (Sgp and Indo)

Singapore :

  • chance to work : not really good this year or maybe some more... denger punya berita, government lagi cut down the number of foreigner, and give more opportunities buat local people disana.
  • saving and income : oke, standard s2 2500-3000, and rata2 spending 1000-1500. so, kita bisa save 1500S$ kurang lebih , and kalo dirupiahin sekitar 12jt-an *wow*
  • such a boowring country : hey... jgn bilang : kan ada USS, orchard, marina bay, dll...  gw udah bosan seujujurnya kesana.  sisi positif negeri ini aman,teratur,rapi,dispilin. but, you feel like you are in jail country. all is noted, just like i said to my friend: "susah disini kalo mau bunuh orang, bingung sembunyiin mayatnya dimana." , err.. gak bisa kencing di got.. susah loo.. atau maklum aku orang ndesa kali ya..
  • chance to start company : oke it is easy as long as you have a bunch of money, that itu gak masuk akal buat gw yang fresh graduate ini tentunya
Indo :
  • chance to work : besar sekaliii... mau jakarta?sby? luar pulau sekalipun, dimana mana bisa.. 
  • saving and income : hahaha, ini masalahnya.. anggep gaji 5jt, spend 3jt.. save 2jt ( 1/6 kali gaji singapore).. cuman kadang gw masih percaya ada perusahaan di jakarta mau gaji 10-15jt buat s2, so anggep spend 2jt ( oitt,, akomodasi nya? ,, beruntung banget gw ada ortu di jakarta) so, bisa save sekitar 8-10jt misalnya... kalo cuman beda 11-12 ama singapore, why not jakarta?
  • bowring? gak juga, i have friends, bali, family.. the cost to pleasure is cheaper loh kalo bandingin sgp
  • chance to start company : IT IS BIG, BIGGER THAN THIS WORDS....
pemikiran gw sampe skrng sih, indo is better daripada singapore. ntah gw benci banget singapore atau gimana ya.. 

to be continued in my next post...

No comments:

Post a Comment